Penjelasan dan Rumus Past Future Perfect Continuous Tense Beserta Contoh Kalimatnya

Pada hari ini saya akan memberikan materi Penjelasan dan Rumus Past Future Perfect Continuous Tense Beserta Contoh Kalimatnyauntuk temen-temen pecinta NgajiBahasaInggris di seluruh Indonesia. Seperti yang sudah-sudah saya akan membagikan ilmu sejelas dan selengkap mungkin sehingga temen-temen tidak lagi kebingungan dalam meempelajari Bahasa Inggris.


Mungkin masih sedikit yang memahami dengan baik bahwa Past Future Perfect Continuous Tense adalah tense terakhir yang paling komplek dalam susunan tenses. Hal ini karena tense ini menjelaskan suatu pekerjaan yang akan sedang terjadi dan masih berlanjut di masa lampau.

Temen-temen bisa membayangkan bagaimana bisa semua unsur tense kecuali present tercakup dalam tenses ini. Memang sangat jarang terjadi orang menggunakan tense ini, namun demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahuinya.

Rumus Past Future Perfect Continuous Tense

Seperti penjelasan saya untuk tense yang lainnya, pertama kali kita harus memahami dengan baik apa saja unsur dasar tense yang membentuk kalimat tense ini. Dari namanya kita bisa menarik pegangan bahwa akan ada 4 unsur tenses dasar yang dibutuhkan untuk membentuk kalimat Past Future Perfect Continuous Tense ini yaitu.
  1. Pertama adalah Past (Verb-2),
  2. Future (will + infinitive),
  3. Perfect (have + Verb-3) dan
  4. Continuous (to be + Verb-ing.
Jika disimpulkan maka, bentuk kedua dari will adalah would, bentuk infinitive dari have adalah have, bentuk ketiga (verb-3) dari to be adalah been.

Sehingga rumus dasarnya menjadi: S + would + have + been + Verb-ing. 

Agar menjadi lebih jelas maka berikut saya juga akan menampilkan tabel rumus past future perfect continuous tense selengkapnya baik dalam bentuk positive, negative maupun interrogative dalam bentuk kalimat verbal maupun nominal silahkan pelajari table di bawah ini:
Bentuk
Rumus
Contoh
+
Verbal
S+would+have+been+V-ing
She would have been singing last
night
Nominal
S+would+have+been+nominal
I would have been a rich man at that time.
Verbal
S+ would+not+have+been+V-ing
He would not have been playing chess yesterday
Nominal
S+would+not+have+been+nominal
You would not have been crazy
?
Verbal
Would+S+have + been + V-ing
Would you have been building that
house last year?
Nominal
Would+S+have+been+nominal
Would it have been easy?
Rumus di atas memang merupakan rumus tense yang paling ruwet tapi tense ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian dengan menampilkan dalam bentuk tabel saya berharap temen-temen bisa dengan mudah mengerti bagaimana membentuk kalimat past future perfect continuous tense ini.


Kegunaan dan Fungsi Past Future Perfect Continuous Tense

Setelah memahami semua rumus dan tense bempentuk kalimat  past future perfect continuous tenseseperti saya jelaskan di atas, maka tentu saja temen-temen harus memahami kegunaan dan fungsi dari tense ini.
  1. Past Future Perfect Continuous Tense ini berfungsi untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang rencananya sudah mulai dikerjakan dan masih berlanjut dimasa lalu.
    Contoh Penerapannya:
    • She would have been waiting for me for 3 hours at 10 p.m yesterday, but she had gone at 9 p.m.
      (Dia renacananya akan telah menungguku selama 3 jam pada pukul 10 kemarin malam, tapi dia sudah pergi pada pukul 9).
    • They would have been working for me for 10 years by the end of last year, but unfortunately, they have passed away 2 years ago.
      (Mereka akan telah bekerja dengan saya selama 10 tahun akhir tahun ini, tapi sayangnya, mereka telah mati 2 tahun yang lalu.)
  2. Sama dengan salah satu fungsi past future perfect, tense ini dapat digunakan untuk membuat conditional sentence type 3 meskipun dalam praktiknya sangat jarang digunakan.

Penggunaan Keterangan Waktu

Past Future Perfect Continuous Tense pada prinsipnya membutuhkan keterangan waktu lampau dan juga keterangan waktu yang menunjukkan adanya durasi bahwa suatu pekerjaan sedang berlangsung dari waktu tertentu hingga waktu tertentu.

Keterangan waktu yang menggunakan durasi adalah for (selama) dan lampau seperti last + time, yesterday, at that time dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense

Jika temen-temen merasa agak binging, itu adalah karena tense ini memang sangat panjang. Akan tetapi kondisi seperti ini dalam kehidupan sehari-hari juga hampir tidak kita temui atau kita tidak akan mengucapkan alimat yang kompleks seperti Past Future Perfect Continuous Tense ini dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. She said the she would have been trading Forex for a year last month.
    (Dia bilang bahwa dia sudah akan jual beli valas selama 1 tahun pada bulan lalu).
  2. If my parent permitted me I would have been traveling around the world last year.
    (Jika orang tuaku mengizinkan, maka aku akan sudah sedang pergi keliling dunia).
  3. She told me that she would have been making line to buy ticket when the last bus came yesterday.
    (Dia bilang bahwa dia akan sedang mengantri tiket ketika bis terakhir datang kemarin).
  4. I would have been working at that company for 3 years by the end of last year if I didn’t get an accident.
    (Aku akan telah bekejra di perusahaan itu selama 3 tahun pada akhir tahun lalu jika aku tidak mengalami kecelakaan).
  5. If she had not taken my car, I would have been driving my car to Los Angles for a day last week.
    (Jika ia tidak mengambil mobilku, maka aku akan telah sedang mengendarai mobilku ke Los Angles selama sehari minggu lalu).
Meskipun sedikit kompleks, saya percaya Penjelasan dan Rumus Future Perfect Continuous Tense Beserta Contoh Kalimatnya yang saya sajikan ini cukup gampang dipahami dan temen-temen pasti bisa mengerti dengan baik.

Semoga semua penjelasan tentang Pengertian, Rumus Past Future Perfect Continuous Tense Fungsi dan Contoh Kalimatnya yang saya sajikan ini bisa memberi manfaat buat kita semua.

0 Response to "Penjelasan dan Rumus Past Future Perfect Continuous Tense Beserta Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar