Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense Bahasa Inggris

Berikut ini saya beberkan Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense Bahasa Inggris buat kawan-kawan semuanya yang mungkin padasaat ini sedang bermaksud untuk mencari perbedaan secara jelas antara Simple Past Tense dengan Present Perfect Tense.




Pada faktanya banyak temen-temen yang baru saja mempelajari tenses akan dibingungkan dengan Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense. Hal ini karena keduanya sama-sama berfungsi untuk menunjukkan suatu kegiatan yang sudah lewat, sehingga ketika sedang melakukan percakapan kadang akan bingung untuk memilih menggunakan simple past tense atau present perfect tense.

Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense


Penjelasan perbedaan present perfect dan simple past dari berbagai segi. Baiklah, sekarang kita akan mengkaji beberapa perbedaan simple past tense dan present perfect tense dengan melihat beberapa faktor:

Pengertian Simple Past Tense
Simple past tense adalah suatu tense yang menunjukkan suatu pekerjaan yang terjadi pada masa lampau tanpa ingin menunjukkan apakah pekerjaan tersebut telah atau sedang dikerjakan.

Pengertian Present perfect tense
Present perfect tense adalah suatu tense yang menunjukkan suatu pekerjaan yang telah dikerjakan pada waktu yang belum lama atau jika sudah lama maka ingin menunjukkan bahwa pelaku “pernah” melakukannya.




Keterangan Waktu Simple Past Tense
Keterangan waktu yang digunakan Simple past tense adalah masa lampau yang lebih spesifik, seperti: last week, yesterday, at 9 pm last night dan lain sebagainya. Halini berarti kejadian adalah pada masa suatu periode (hari, minggu, bulan dan lain-lain) sudah berakhir.

Contoh:
I went to Bali last last year (Aku pergi ke Bali tahun lalu). Waktu yang digunakan adalah tahun lalu (misal tahun 2013)  yang tentunya sudah berakhir karena sekarang sudah tahun 2014.

Keterangan Waktu Present Perfect Tense
Sementara Present perfect tense tidak bisa menggunakan keterangan waktu lampau karena bentuknya present namun masih memungkinkan untuk menggunakan masa yang telah lewat tapi masih dalam periode yang sama. Misalnya minggu ini, hari ini dan lain-lain.

Contoh:
I have sent the email this week (Aku sudah mengirim email minggu ini).




Modus Akitifitas Simple Past Tense
Simple past tense hanya digunakan untuk suatu aktifitas yang terjadi pada masa lampau dengan waktu yang spesifik tanpa ingin menunjukkan bahwa pekerjaannya pada waktu itu sedang atau telah dikerjakan.

Contoh:
I called you at 7 a.m yesterday, but you did not pick the phone up (Aku menelponmu pada pukul 7 kemarin pagi tapi kamu tidak mengangkatnya).

Modus Akitifitas Present perfect tense
Sementara Present perfect tense selain bisa digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai, ia juga bisa digunakan untuk menunjukkan aktifitas pada masa lalu dengan maksud ingin menunjukkan bahwa pelaku pernah melakukan pekerjaan tersebut pada waktu yang tidak spesifik.

Contoh:
I have ever gone to Bali with my family (Aku sudah pernah pergi ke Bali).
Have we met in this place before? (Apakah kita pernah bertemu di sini sebelumnya?)



Akibat yang Ditimbulkan Present Perfect Tense
Present perfect tense untuk menunjukkan bahwa aktifitasnya baru saja dikerjakan, sehingga akibat yang ditimbulkan masih bisa dirasakan.

Contoh: 
Be careful with that door, I have just painted it (hati-hati dengan pintunya, aku baru saja mengecetnya). Artinya karena baru saja dampak dari pengecetan yang baru saja dilakukan, catnya masih basah.

Akibat yang Ditimbulkan Simple Past Tense
Sementara simple past tense dampaknya sudah tidak terlalu dirasakan karena sudah lampau.

Contoh: I played football yesterday (aku kemarin bermain bola). Artinya karena sudah kemarin, maka aku sudah tidak begitu merasakan capeknya bermain bola.

Demikianlah Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense Bahasa Inggris yang dilihat dari berbagai segi. Jika ingin menguasai  dua tenses ini makasebaiknya temen-temen memahamidengan baikapa yangtelah saya beberkan dengan jelas di atas.

Semoga  Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense Bahasa Inggris ini bermanfaat buat temen-temen semua para pembelajar dan pecinta bahasainggris di seluruh nusantara.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense Bahasa Inggris"

Posting Komentar