Panduan dan Rumus Past Future Tense Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat dan Artinya

Kita menginjak pembahasan Panduan dan Rumus Past Future Tense Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat dan Artinya yang pasti sangat lengkap seperti semua panduan Bahasa Inggris yang saya sajikan di blog NgajiBahasaInggris ini.


Meskipun jarang digunakan bukan berarti tense ini tidak digunakan. Hanya saja dalam percakapan sehari-hari kita jarang menemukan atau tidak sangat sering menemukan konteks kejadian yang masuk ke dalam kriteria tense ini.  Kenapa demikian?...
Hal utama yang harus temen-temen ketahui dari Past Future Tense adalah tense ini biasa digunakan untuk mengungkapkan suatu keinginan yang tidak terjadi seperti yang seharusnya

Dikatakan Past karena kejadiannya di masa lalu dan disebut future karena sedianya akan dilakukan. Karena sedianya terjadi, maka kenyataannya selalu berlawanan.  
Artinya jika saya mengatakan: “Sebenarnya kemarin saya akan datang menemuimu, tapi kemarin kan hujan”. Sehingga kenyataannya saya tidak jadi datang.
 Saya rasa dari penjelasan saya dalam beberapa paragraf di atas pasti sudah sangat jelas dan temen-temen sekarang sudah mendapat gambaran tentang Past Future Tense ini.

Past Future Tense Beserta Contoh Kalimat dan Artinya

Sebenarnya Past Future Tense ini termasuk ke dalam kategori simple seperti simple present/past/future tense karena tidak menunjukkan keterangan bahwa pekerjaan tersebut telah (perfect) atau sedang (continuous) dikerjakan. Jadi rumus Past Future Tense hanya memerlukan dua identitas tense, yaitu past: verb-2 dan future: will + verb-1 (atau tepatnya Infinitive).
Jika digabungkan maka bentuk kedua (verb-2) dari will, yaitu would + verb-1 (inf.) sehingga rumus dasar past future tense adalah S + Would + Infinitive.
Agar temen-temen bisa mendapatkan pemahaman yang lebih terstruktur, maka berikut ini saya sajikan tabel rumus past future tense selengkapnya, baik dalam bentuk positive, negative maupun interrogative dalam bentuk kalimat verbal maupun nominal, silahkan pelajari table di bawah ini:
Bentuk
Rumus
Contoh
+
Verbal
S + would + Verb-1 (inf.)
Last night, I would ask you to join with my club, but you slept soundly.
Nominal
S+ would + be + nominal
Life would be easy if we were rich.
Verbal
S + would + not + Verb-1
I would not break my promise to marry you if you didn’t cheat me about your past life.
Nominal
S + would + not + be + nominal
I would not attend the meeting yesterday.
?
Verbal
Would+S+Verb-1
Would he accept my application if I enclose my job experiences?
Nominal
Would + S + be + nominal
Would it be love?
Nah... Sudah mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang Past Future Tense kan?.. Sebaiknya kita memahami betul tense ini karena meskipun jarang dipakai tapi kita juga akan menggunakannya dalam situasi-situasi tertentu.

Kegunaan dan Fungsi Past Future Tense

Kalau kita teliti dengan lebih cermat maka kita bisa mendapatkan sedikitnya tiga kegunaan atau manfaat dari Past Future Tense ini. Dengan memahami kegunaan dan manfaatnya kita pasti akan jauh lebih gampang memahami tense ini. Baiklah kita langsung saja membahas satu demi satu kegunaan dan manfaat dari Past Future Tense.
  1. Past (lampau) Future (akan datang). 2 kata tersebut saja sebenarnya suda menggambarkan sebuah fungsi tense yaitu untuk menggambarkan pekerjaan yang akan dilakukan pada masa lampau.

    Secara logika, karena pekerjaan tersebut akan dilakukan pada masa lampau, maka otomatis pekerjaan tersebut tidak terlaksana atau tidak terlaksana. Artinya antara kalimat yang diucapkan dengan kenyataan selalu berseberangan.
    Contoh Implementasinya:
    • I would treat you to watch a movie if I won the game.
      (Aku akan mentraktirmu nonton film jika aku memenangkan gamenya)
    • Last week, we would come to visit you, but the weather was so bad.
      (minggu lalu, kami berencana untuk mengunjungimu, tapi cuacanya sangat buruk)
  2. Past Future Tense ini juga bisa digunakan untuk membuat kalimat berklausul (bersyarat) atau yang dalam grammar biasa disebut Conditional Sentence type 2.
    Contoh Implementasinya:
    • Spartan would win the war if there was no turncoat.
      (Spartan akan menang jika tidak ada pengkhianat)
    • I would not break my promise to marry you if you didn’t cheat me about your past life
      (Aku tidak akan mengingkari janjiku untuk menikah denganmu jika kamu tidak berbohong tentang masa lalumu).
  3. Dalam bentuk pertanyaan, tense ini dapat berfungsi untuk meminta dengan sopan.
    Contoh Implementasinya:
    • Would you help me please?
      (maukah Anda menolong saya?)

Penggunaan Keterangan Waktu pada Past Future Tense

Lalu bagaimanakah kita menggunakan keterangan waktu dalam kalimat Past Future Tense ini?... Karena past (lampau), maka semua bentuk kata keterangan waktu dalam bentuk lampau dapat digunakan dalam tenses ini.
Dalam grammar bahasa Inggris sebenarnya tense past future dan turunannya tidak dikenal karena tense yang mereka kenal hanya ada tiga, yaitu present, past dan future beserta turunannya yang total jumlahnya ada 12. Mereka mengenal would sebagai modal auxiliary, tapi tidak menyebutnya dengan past future tense.

Contoh Kalimat Menggunakan Aturan Past Future Tense

Karena semua hal menyangkut Past Future Tense sudah saya jelaskan, maka sudah seharusnya kita mendalami semua penjelasan tersebut melalui contoh kalimat yang sesuai dengan kasus nyata dalam kehiduan kita sehari-hari. Dan berikut adalah contoh kalimat Past Future Tense lengkap beserta artinya sebagai bahan latihan dan pembelajaran kita.
  1. I would take the chance if I knew that I may, but it’s too late now.
    (Aku akan mengambil kesempatan itu jika aku tahu bahwa aku boleh, tapi sekarang sudah terlambat).
  2. Our family would stay at hotel to spend our weekend last weekend but then my grand mother came.
    (Keluargaku akan menginap di hotel untuk menghabiskan akhir pekan minggu lalu tapi kemudian nenek kami datang).
  3. You would be able to get her love if you didn’t hurt her at the time.
    (Kamu akan bisa mendapatkan cintanya jika waktu itu kamu tidak menyakiti hatinya).
  4. This all would not happen if you didn’t make mistake.
    (Ini semua tidak akan terjadi jika kamu tidak membuat kesalahan).
  5. My father would not be angry if I did not steal his money.
    (Ayahku tidak akan marah jika aku tidak mencuri uangnya).
  6. I would be there if  tomorrow was not rainy.
    (Aku akan di sana jika kemarin tidak gerimis).
  7. If I had a lot of money at that time, I would buy a T-shirt for you when I was in Paris.
    (Jika waktu itu aku punya banyak uang, aku akan membelikanmu sebuah kaos ketika aku di Paris).
  8. Would you help me even I did not beg you?
    (Akankah kamu menolongku jika aku tidak memintamu?).
  9. Would you help me to move this table to the corner?
    (Maukah kamu menolongku untuk memindahkan meja ini ke pojok?)
  10. I would not elect Jokowi as my president if I knew that his leadership is bad.
    (Aku tidak akan memilih Jokowi sebagai presiden jika aku tahu kepemimpinannya jelek).
Saya percaya penjelasan dari artikel berjudul Panduan dan Rumus Past Future Tense Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat dan Artinya ini bisa temen-temen mengerti dengan mudah dan tentu saja saya sangat berharap ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan keahlian dan penguasaan bahasa inggris temen-temen semua.

0 Response to "Panduan dan Rumus Past Future Tense Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat dan Artinya"

Posting Komentar