Panduan Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Pidato Bahasa Inggris - Panduan Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar untuk temen-temen pecinta Bahasa Inggris di seluruh Indonesia yang ingin  mampu membuat tekspidato Bahasa Inggris berkualitas.



Secara mendasar membuat Teks Pidato Bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan Pidato Bahasa Indonesia. Jadi yang paling penting yang perlu dikuasai adalah tentang bagaimana urutan struktur teks pidato yang baik.

Kemampuan berpidato bahasa inggris adalah sangat bagus dalamrangka meningkatkan keahlian bahasa inggris kita. Jika temen-temen bisa  berpidato Bahasa Inggris dengan lancar, maka temen-temen juga memiliki peluang untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan mudah.

Panduan Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Baiklah.. langsung saja saya akan bagikan panduan atau tutunan lengkap menyusun pidato Bahasa Inggrissecara baik dan benar agar temen-temen segera bisa menyusun pidato dengan bagus.

Menentukan Tema TERBAIK Untuk Pidato
INi adalah harus... Pertama sekali temen-temen wajib menentukan dulu tema atau topik apa yang ingin temen-temen ulas. Dengan telah menentukan tema, maka kita akan bisa memperkirakan akan kemana larinya pembicaraan pidato kita.

Jadi dalam pidato yang baik kita tidak boleh berbicara tanpa arah dan haluan karena tidak memiliki topik utama. Tema pidato yang baik adalah bisadiketahu dengan cara melihat siapa saja audien kita. Semakin menarik tema atau pembahasan pidato kita di mata audience, maka semakin bernilai juga pidatokita.

Menggunakan Fakta-Fakta yang Berkaitan dengan Tema Pidato
Karena ini adalah pidato dan kita langsung berhadapan dengan audien,maka kita tidak boleh asal berbicara tanpa fakta dan lkitasan dari setiap ucapan kit. Temen-temen harus menemukan apa saja fakta yang terkait dengan tema pidato.

Dari sanalah kita akan menemukan secara spesifik  apa yang ingin kita informasikan kepada audience terkait tema pilihan tadi. Pidato kita akan menjadi lebih berbobot jika kita mampu menemukan informasi dengan lengkap dari berbagai sisi.

Dalam kaitannya dengan ini sebenarnya kita  juga bisa memanfaatkan literature berbahasa inggris untuk sebagai sumber pembantu agar bisa menggunakan bahasa yang tepat dalam penulisan naskah pidato.

Tentukan Posisi Kita
Sebagai nara sumber, dalam penyampaian pidato kita tidak hanya berperan menyampaikan informasi tetapi juga sebagai orang yang akan menyampaikan sebuah pendapat atas tema yang diangkat.

Misal dalam sebuah tema yang kontrofersi,maka kita sebaiknya sudah menentukan apakah pendapat kita terkait informasi tersebut, terutama apakah kita dalam posisi pro atau kontra.

Menyusun Kerangka Pidato
Patikan 3 tahap di atas sudah kita laksanakan. Jadi sekarang tema sudah, fakta sudah siap, kita juga sudah menentukan posisi kita. Kini saatnya kita mulai menyusun pidato, cara membuat pidato bahasa inggris singkat adalah dengan membuat beberapa plot dari pidato kita.

Mulai dengan kerangka pembukaan, kerangka isi dan kerangka penutup. Pada pembukaan upayakan tidak terlalu detil cukup membahas apa yang membuat kita tertarik membahas masalah tersebut.

Kemudian sampaikan secara jelas asumsi kita, data-data yang kita peroleh dan pemikiran kita dalam bagian isi. Setelah itu simpulkan apa yang ingin kita sampaikan kepada audience melalui penutup.

Menyusun Kalimat Isi Pidato
Agar pidato yang kita lakukan nanti tidak terkesan kaku, maka pada bagian ini, kita cukup memperluas kerangka dengan berdasar arah dari kerangka. Sebaiknya kita perhatikan betul, bahwa sebuah pidato tidak selalu harus kita tulis semua, tetapi bila kita belum percaya diri susunlah setiap kata dan kalimat yang ingin kita sampaikan kemudian hafalkan.

Awali dengan bahasa sapaan kepada audience, kemudian gambaran latar belakang simpel atas masalah  yang kita bahas, asumsi dan ungkap secara beruntun kenapa kita tertarik membahas masala tersebut.

Masuklah ke bab isian dengan mengulas pendapat ahli, dilanjutkan dengan data dan fakta yang kita kumpulkan dan kemudian pkitangan-pkitangan kita.

Rapikan Isi dan Kalimat Pidato
Biasanya kita juga membuat catatan-catatan kalimat penting yang akan kita sampaikan dalam pidato Bahasa Inggris, maka jangan ragu untuk terus kita ulang untuk bisa menemukan kesalahan tata bahasa yang mungkin kita buat.

Jangan ragu berkonsultasi, menyanding kamus dan buku dasar grammar untuk memastikan kita sudah menyusun pidato dengan tepat.

Demikianlah Panduan Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar yang sebaiknya temen-temen perhatikan dengan sungguh-sungguh agar bisa membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang berkualitas tinggi.

0 Response to "Panduan Cara Membuat Teks Pidato Bahasa Inggris yang Baik dan Benar"

Posting Komentar