Penjelasan Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris Lengkap

Berikut adalah Penjelasan Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris Lengkap buat temen-temen pecinta Bahasa Inngris di seluruh pelosok nusantara yang ingin memahamai Dependent & Independent Clauses dengan baik dan benar.



Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita juga menggunakan kalimat jenis dependent dan independent tapi dalam versi bahasa Indonesia. Namun pada Bahasa Inggris kita juga menggunakan kalimat yang sama. Jadi karena tak terhindarkan bahkan sering digunakan, sebaiknya kita mengerti dengan baik Dependent and Independent Clauses ini.

Penjelasan Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris Lengkap

Baiklah mari kita langsung membahas segala hal seputar pengertian dan contoh kalimat Independent dan Dependent Clauses – yang dimaksud dengan Clause atau Bahas Indonesianya adalah Klausa merupakan kelompok kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja (predikat). Pada dasarnya klausa ini terbagi menjadi dua yaitu Independent dan Dependent Clauses.

Pada materi bahasa inggris kali ini, saya akan memberikan pemaparan sederhana mengenai pengertian kedua jenis klausa ini beserta contohnya.

Independent clause


Independent Clause merupakan kelompok kata yang mengekspresikan atau mengungkapkan sebuah pemikiran yang lengkap. Jadi gabungan kata ini bisa berfungsi sebagai kalimat utuh tanpa harus ada kalimat pendukung lainnya.

Karakteristik utama dari independent clause adalah:
  • Memiliki Subjek atau orang yang bertindak di dalam kalimat tersebut.
  • Terdapat Sebuah Aktivitas (predikat) yang memberikan informasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh subjek.
  • Mengungkapkan sebuah pokok pemikiran yang lengkap. Artinya kita dapat memahami informasi yang terkandung di dalam kalimat tersebut secara utuh.
Jadi jika temen-temen ingin mengetahui apakah sebuah kalimat merupakan Dependent atau Independent Clause maka cobalah diteliti apakah kalimat memiliki 3 unsur di atas ataukah tidak. Contoh sederhana kalimat Independent Clause adalah:
I go to school (Saya pergi ke sekolah.)

Kalimat di atas dinamakan independent clause karena kita dapat memahami maknanya secara utuh. Dan apabila kita memberikan titik (.) pada akhir kelompok kata tersebut, ia akan menjadi sebuah kalimat yang utuh dengan informasi yang jelas.

Dependent Clause

Kita menuju pembahasan berikutnya yaitu Dependent Clause. Yang harus kita pahami dengan baik adalah bahwa dependent clause ini merupakan sebuah kelompok kata yang terdiri dari subject dan predikat namun tidak memiliki arti yang lengkap.
Dependent Clause ini tidak memberikan pokok pemikiran yang utuh sehingga tidak bisa kita pahami. Kalimat ini juga tidak bisa dijadikan sebuah kalimat karena informasi yang ada tidak lengkap. 
Ciri-ciri dependent clause diantaranya:
  • Terdapat marker word : because, after, before, since, in order to, although, though, whenever, wherever, whether, while, even though, even if, etc.
  • Menggunakan conjunction : but, and, or, nor, yet, etc.

Ciri-ciri yang sangat mudah bukan?.. dan berikut saya contohkan satu kalimat Dependent ClauseDependent Clause agar temen-temen lebih mengerti
When I went to supermarket

Kelompok kata tersebut tidak bisa befungsi sebagai kalimat karena tidak memiliki pokok pemikiran yang utuh.
Oleh karenanya, sebuah dependent clause harus dikombinasikan dengan independent clause guna menciptakan sebuah kalimat yang utuh.

Misalnya:
When i went to supermarket’ (dependent clause)
I saw your mother’ (independent clause)

Kedua kelompok kata ini bisa digabungkan menjadii kalimat utuh seperti:

When I went to supermarket I saw your mother.
(Ketika saya pergi ke supermarket Saya melihat ibumu.)
Saya rasa penjelasn sya tentang Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris Lengkap  di atas sudah sangat lengkap dan mudah sekali dimengerti. Maka, semoga usaha keras saya untuk menyajikan penjelasan lengkap seputar Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Penjelasan Contoh Kalimat Independent dan Dependent Clauses Bahasa Inggris Lengkap"

Posting Komentar