Fungsi dan Contoh Conjunction Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya Lengkap

Pada kesempatan ini kita membahas Contoh Conjunction Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya Lengkap untuk temen-temen semua para pecinta Bahasa Inggris di seluruh Indonesia.

 
Sebagai pecinta Bahasa Inggris kita harus memahami dengan baik serta mampu menggunakan Conjunction dengan baik dalam praktek percakapan Bahasa Inggris sehari-hari.
Pengertian Conjunction di dalam bahasa inggris adalah kumpulan kata yang berfungsi menghubungkan dua buah kata, klausa, atau kalimat yang saling berhubungan. Conjunction digunakan untuk membuat susunan kalimat menjadi logis dan tidak rancu
Jadi yang harus temen-temen pahami dalam ulasan ini adalah bahwa Conjuction adalah kumpulan kata yang berfungsi menghubungkan dua buah kata, klausa, atau kalimat yang saling berhubungan agar susunan kalimat yang terbentuk tersebut kita rasakan logis dan tidak rancu.

Beberapa Kategori Conjuction Bahasa Inggris

Kalau kita telaah lebih detail lagi maka kita akan mendapat bahwa sebenarnya ada beberapa kategori Conjuction di dalam bahasa inggris yang diantaranya adalah:
  1. coordinating conjunction, 
  2. subordinating conjunction, serta 
  3. correlative conjunction. 
Dan untuk lebih jelasnya saya akan membeber segala hal tentang masing-masing conjunction di atas dalam artikel ini.

  • Coordinating Conjunctions
Jenis conjunction ini, yang kita kenal sebagai Coordinating Conjunction seringkali digunakan untuk tujuan sebagai penghubung atau penggabung dua buah kata atau frase yang memiliki fungsi yang sama pentingnya di dalam kalimat tersebut.
Untuk fungsi penggabung kata, maka Coordinating conjunction terdiri dari 7 buah kata yang sebaiknya temen-temen hafal dan memahami yaitu: for, and, nor, but, or, yet, soon atau disingkat FANBOYS
Contoh kalimat yang menggunakan coordinating conjunction:
  • I dont want to drink coffee or tea.
Coba temen-temen perhatikan dengan seksama kalimat di atas ya... Pada kalimat tersebut kita bisa melihat bahwa conjunction “ormenghubungkan dua hal yang sama penting dan memiliki kesetaraan yaitu kopi dan teh.

Agar temen-temen bisa mengerti dengan lebih jelas, maka saya akan memberikan beberapa contoh penting Coordinating Conjunction lainnya:
  • Amir is not yet able to swim.
  • I bought a pencil, but I lost it.
  • William asked for a beer.
  • You will soon get to like him.
Silahkan temen-temen pahami dengan baik contoh-contoh Coordinating Conjunction di atas. Jika merasa sudah memahaminya, cobalah untuk membuat kalimat Coordinating Conjunction sendiri minimal 5 kalimat saja. Jika temen-temen tidak mengalami kesulitan maka itu artinya temen-temen sudah memahami Coordinating Conjunction dengan baik.

  • Subordinating Conjunction
Conjunction yang berikutnya yang bernama Subordinating Conjunction ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan induk kalimat (independent clause) dengan anak kalimat (dependent clause). Yang harus temen-temen pahami di sini adalah bahwa dependent clause dapat mempengaruhi makna dari main clause.

Independent clause merupakan adalah kelompok kata yang mengekspresikan atau mengungkapkan sebuah pemikiran yang lengkap. Sedangkan dependent clause merupakan sebuah kelompok kata yang terdiri dari subject dan predikat namun tidak memiliki arti yang lengkap. Klausa ini tidak memberikan pokok pemikiran yang utuh sehingga tidak bisa kita pahami.

Pada praktek penggunaanya, subordinating conjunction ini akan selalu diletakkan sebelum dependent clause.

Contoh Kalimat Subordinating Conjunction:
Asep has lived in Tangerang since he was a child.
I am hungry because I did not eat breakfast.

Since my father was sick, i couldn’t go to your house.
Because tom is sick, he can’t come.
Dependent clause bisa diletakkan di akhir kalimat ataupun diletakkan di awal. Bila dependent clause diletakkan di awal, maka setelahnya akan diberi tanda koma. Posisi subordinating conjunction tetaplah di awal dependent clause.
Biasanya subordinating conjunction digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat. Seperti pada contoh kalimat diatas, “Because Tom is sick, he can’t come.” Itu menjelaskan bahwa penyebab Tom tidak bisa datang adalah karena ia sakit.
Contoh subordinating conjunction lainnya adalah: before, although, as, once, though, whether, until,  etc.

  • Correlative Conjunctions
Sedangkan Correlative Conjunctions adalah jenis conjunction yang diginakan di dalam kalimat untuk menggabungkan dua kata atau kelompok kata yang berbeda. Secara umum correlative conjunctions tidak digunakan untuk menghubungkan kalimat. Akan tetapi, lebih digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian kata yang ada di dalam kalimat tersebut.

Contoh Correlative Conjunctions:
Sukamto can speak both English and Spanish very well.
Coba temen-temen perhatikan kalimat di atas, itu adalah contoh penggunaan correlative conjunction ‘both/and’ di dalam sebuah kalimat. Kita dapat melihat bahwa ‘English’ dan ‘Spanish’ merupakan element yang setara dan sama pentingnya.’both’ melengkapi fungsi dari ‘and’
I’ll either text or phone you tomorrow.
Kalimat di atas, secara prinsip Fungsi conjunctioneither/or’ adalah untuk menunjukkan pilihan diantara dua opsi. Dalam hal ini adalah ‘text or phone’
Just as Billy loves hiking so he enjoys travelling as well.
Pada kalimat di atas, correlative conjunction ‘just as/so’ digunakan untuk menghubungkan dua hal dengan tema yang sama atau memiliki kemiripan. Di dalam kalimat tersebut ada dua hal yang memiliki kemiripan yaitu ‘hiking’ dan ‘travelling’ keduanya merupakan aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan.
I have neither time nor money for that.
Pada contoh di atas, conjunction ‘neither/nor’menjelaskan 2 hal yang sama-sama menyebabkan sesuatu hal tidak dapat terjadi.
 He was not only a bad person, but also cruel.
‘Not only/but also’digunakan untuk memberikan penjelasan tambahan.
I don’t know whether you like her or not.
Correlative conjunction ‘whether/or’digunakan untuk menjelaskan dua pilihan berbeda atau saling bertolak belakang.

Demikianlah Fungsi dan Contoh Conjunction Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya Lengkap yang saya percaya temen-temen pasti sangat mudah memahaminya.

Jadi setelah membaca penjelasan saya yang berjudul "Fungsi dan Contoh Conjunction Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya Lengkap" ini semoga temen-temen bisa menggunakan Conjuction Bahasa Inggris dengan baik dan sempurna.

1 Response to "Fungsi dan Contoh Conjunction Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya Lengkap"